Diskusi ringan pagi ini sama istri tentang tingkat stres dan penyakit darah tinggi atau hipertensi. Ringkasnya ada pertanyaan apa sih faktor yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit hipertensi pada karyawan. Bisa jadi pola makan, pola badan, pola tidur, atau pemikiran.
Kalau diskusi ini terpicu karena istri saya tiba tiba tensinya naik dari rata rata sehari sebelumnya karena sebuah informasi terhadap sebuah kondisi. Ambil saja misalkan kalau minum obat ini, maka akan timbul efek tertentu. Nah baru sebatas informasi ini saja, ternyata bisa menyebabkan tensi tinggi. Artinya pola pikir berpengaruh pada tubuh, dalam hal ini persepsi terhadap informasi bisa menyebabkan perubahan pada tubuh.
Dari sini ada diskusi, apakah situasi pekerjaan bisa menyebabkan seseorang mengalami hipertensi. Semisalkan karena stress yang terus menerus. Stress berkepanjangan menyebabkan hipertensi terjadi.
Apa sih yang menyebabkan seorang karyawan stress, bisa urusan pribadi, atau urusan kantor. Kalau urusan kantor bisa jadi lingkungan kerja. Lingkungan kerja bisa jadi teman kerja, atasan atau bawah. Atau tuntutan kinerja tertentu.
Nah, sebentar mencari referensi. Ada penelitian menarik nih, Referensinya sebagai berikut
Yulia, E., & Mukzam, M. D. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap stres kerja dan kinerja karyawan (Studi pada karyawan PTPN XI unit usaha PG Semboro) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Dalam riset ini, ada bahas jenis kepemimpinan dan hubungannya terhadap stress dan kinerja karyawan. Ada tiga jenis kepemimpinan yaitu kepemimpinan otoriter, kepemimpinan demokratis dan kepemimpinan laissez fair.
Kemudian dilakukan kuesioner terhadap 100 responden di perusahan tersebut.
Dan hasilnya seperti dapat diduga. Kepemimpinan otoritas memiliki pengaruh siginifikan dan positif terhadap tingkat stress karyawan. Kepemimpinan demokratis memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan.
Nah seperti apa sih kepemimpinan demokratis. Ternyata cirinya adalah sebuah gaya dimana bawahan merupakan bagian penting dalam organisasi. Dimana karyawan bisa secara terbuka menyampaikan gagasan mereka terhadap organisasi.
Semoga para calon leader bisa belajar dari sini ya.