Baru tahu kalau ini yang menyebabkan pekerjaan lama selesai

pernah tidak mengalami saat kita memberikan pekerjaan kepada orang lain lalu ternyata sampai waktu yang diberikan pekerjaan tidak selesai? bahkan bila kita berikan waktu yang jauh lebih lama hasilnya pun kadang tidak sesuai dengan harapan kita. 

Sebenarnya ada sebuah teori yang menarik yang disebut dengan resourcr paradox.

Secara sederhana teori ini menyampaikan seberapa besar pun resource yang kita berikan pada sebuah pekerjaan maka resource itu akan digunakan hingga habis.

dalam contoh keseharian semisalkan kita diberikan waktu 1 hari untuk mengaktifkan kamar maka kita bisa merapikan kamar tersebut dalam waktu 1 hari. demikian pula bila kita berikan waktu 3 jam untuk membersihkan kamar maka dalam 3 jam kita selesai juga membersihkan kamar itu. bahkan kalaupun kita hanya memberikan waktu 15 menit untuk mengerjakan itu maka kamar itu akan bersih dalam waktu 15 menit. 

Hal yang sama pun saat kita memberikan resource yang bernama uang untuk kebutuhan hidup kita sehari-hari. Saat kita diberikan target sehari rp100.000 maka sehari itu pun kita habis 100.000. Demikian pula kalau kita berikan uang rp500.000 maka dalam waktu 1 hari pun kita bisa menghabiskan uang rp500.000. Bahkan kita bisa juga hidup mungkin dalam hitungan 20.000 dan rp20.000 pun masih bisa kita gunakan untuk hidup.

inilah paradok dari sebuah sumber daya di mana kita cenderung untuk menghabiskan sumber daya sebesar-besarnya untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan sesuai dengan jumlah yang diberikan. 

Sisi lainnya adalah sebenarnya kita bisa melakukan perencanaan seberapa besar siswa yang akan kita berikan untuk bisa mendustakan pekerjaan itu secara optimal sehingga kita dapat efektif mencapai apa yang kita inginkan dengan resource yang kita sudah sediakan.